Tips dan Cara Login/membuka Account Email yang Aman dari Hacker

Setiap kita hendak membuka email sebaiknya kita harus waspada dan berhati-hati untuk tidak sembarangan login di sembarang tempat tanpa mempehitungkan aspek keamanan. Keteledoran bisa saja mengakibatkan password anda dapat diketahui oleh orang lain baik yang berpengalaman maupun yang tidak berpengalaman. Biasanya para hacker/cracker alamat email yang telah berhasil mendapatkan password dan masuk ke dalam email korban akan membaca email pribadi, menghapus email, mengganti setting, mengirim email jahat, bahkan mengganti password dan juga bisa jadi mendelete alamat email anda untuk selama-lamanya. Untuk itulah kita harus berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan password alamat e-mail kita.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga passwod kita tidak diketahui oleh orang lain :

1. Ganti passwod email anda dengan yang sulit ditebak
Hindari pemakaian password yang pendek dan merupakan kata-kata umum yang terdapat pada kamus, baik kamus bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Biasanya hacker email akan mencoba satu persatu kata-kata yang berada di kamus untuk membuka email kita. Sebaiknya menggunakan password yang terdiri dari 6 karakter atau lebih. Lebih panjang lebih baik, namun jangan sampai kita lupa dengan password kita sendiri. Kemudian selipkan atau masukkan karakter-karakter yang bukan huruf atau angka ke dalam password kita. Bisa juga dengan mengkombinasikan huruf besar dan kecil pada password.

2. Hati-hati jika membuka alamat email dari tempat umum
Jika kita membuka e-mail dari kantor, warnet, rumah teman, rumah sodara, tetangga, dan sebagainya yang bukan komputer personal kita sendiri sebaiknya kita tidak mengetik langsung passwod melalui keyboard. Terkadang orang yang kita kenal maupun tidak kenal bisa memasang dan menginstall program mata-mata yang dapat mengetahui apa saja yang anda ketik di keyboard dan mengirimkannya ke email yang telah di set. Cara mengatasinya adalah bisa dengan program maouse keyboard yang ada di windows XP atau bisa kita pasang atau bawa sendiri dari disket atau cd atau dari mouse keyboard online di internet. Cara menggunakannya adalah dengan mengklik tombol-tombol yang tersedia pada perogram tersebut yang ditujukan ke form isian password. Cara lainnya adalah dengan copy paste dari tilisan yang ada ataupun yang telah kita siapkan. Jangan lupa mengacak password tersebut agak jangan sampai terbaca dan dapat dipahami orang lain yang membacanya. Buat website atau blog sederhana yang bersisi sandi-sandi yang hanya anda yang dapat memahaminya. Lalu copy paste saja dari sandi-sandi yang akan membentuk password alamat e-mail anda.

3. Hati-hati membuka email di komputer pribadi anda
Jalankan program-program anti virus ataupun anti spyware yang sudah update tidak lebih dari 2-3 bulan. Plus jalankan selalu program firewall ketika berselancar di internet untuk memblokir koneksi-koneksi yang tidak diinginkan baik dari dalam komputer kita maupun dari luar yang biasanya bertujuan buruk kepada kita. Program set yang saya rekomendasikan adalan AVG anti virus, Ad-Aware anti spyware dan McAfee firewall. Sering-seringlah menjalankan aplikasi tersebut dengan update definition dan patch untuk mengeliminasi segala kemungkinan masuknya virus dan spyware yang tidak kita kehendaki.

4. Ganti passwod alamat email anda secara berkala
Dengan mengganti secara berkala maka akan menyulitkan orang-orang yang hendak take over email anda. Namun sekali lagi jangan sembrono sehingga lupa dengan passwod anda.

5. Bedakan password account email yang satu dengan yang lain
Mengan begitu maka apabila salah satu account email kita jatuh ke tangan hacker maka kita memiliki email cadangan yang sudah lama kita gunakan.

6. Login pada website yang benar
Lihat pada browser kita apakah alamat untuk login ke dalam email kita sudah benar. Jangan sampai kita memasukkan passwod di website yang sengaja dibuat mirip untuk menjebak kita. Pahami betul sistem path penamaan address url yang biasa kita lewati. Jika anda curiga sebaiknya jangan login dan tanyakan ke orang lain yang lebih paham.

7. Gaul dong
Rajin mencari tahu perkembangan email hacking di situs-situs atau di mailing list. Dari waktu ke waktu para hacker akan menemukan dan menyempurnakan tehnik jahatnya untuk membuat anda sengsara karena kehilangan akses masuk ke email kita.

Jika anda telah kehilangan akses untuk masuk ke dalam alamat email anda maka gunakan tehnik recovery dengan memasukkan data-data yang ditanyakan serta mengklik link-link yang diperintahkan penyedia layanan email. Jika anda lupa dengan data tersebut atau data tersebut telah dirubah oleh hacker, maka segera ucapkan bye-bye dan selamat tinggak kepada alamat email lama anda dan segera buat alamat email baru dan jangan lupa untuk belajar dari kesalahan anda.

Semoga tips ini dapat berguna bagi kita semua ?

(godam64)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: